Jumat, 03 Juni 2016

Mari Belajar Al-Qur`an Suroh At-Tin


Suroh ini dinamakan at-Tin diambil dari kata at-Tin yang terdapat pada ayat yang pertama yang artinya buah Tin. Suroh at-Tin adalah suroh ke-95 dalam al-Qur`an yang berjumlah 8 ayat, termasuk suroh yang turun di Mekkah atau yang disebut juga suroh Makkiyyah.
Kandungan Surah at-Tin
Ayat Pertama
Tin adalah buah yang enak dan lembut serta cepat dicerna. Ia menjadi obat yang banyak manfaatnya, memperhalus fisik, mengencerkan dahak, membersihkan ginjal, menghancurkan batu pada aluran air seni, menggemukkan badan dan dapat melonggarkan rongga hati dan limpa. Zaitu adalah buah yang memiliki keistimewaan karena kandungan minyaknya yang berlimpah sehingga dapat dipergunakan di daerah yang kurang memiliki minyak.
Ayat Kedua
Gunung Sinai terletak di Semenanjung Sinai, lintasan antara Tanah Mesir ke Israil, Arab dan Mesopotamia. Gunung setinggi 2,285 meter ini juga dikenal dengan Jabal Musa (Gunung Nabi Musa), karena di tempat ini, Nabi Musa menerima wahyu pertama dan diangkat menjadi Rasul. Pada malam mi`raj, Rasulullah SAW berhenti sebentar di tempat ini dan melaksanakan salat sebagai penghormatan beliau kepada kesucian tempat tersebut.
Ayat Ketiga
Kota yang aman adalag Kota Mekkah. Kota ini disebut dengan kota yang aman karena siapa pun yang memasukinya terjaga keamanan dan keselamatannya. Kota Mekkah juga disebut sebagai Ummul Qura dan Tanah yang aman. Kota ini banyak menyimpan sejarah sejak zaman Nabi Ibrahim a.s.
Ayat Keempat
Allah SWT menjadikan manusia dalam sebaik-baik bentuk. Proses kejadian manusia tidak sama dengan kejadian makhluk-makhluk lain. Manusia memiliki akal, jasmani, rohani, dan nafsu. Anggota tubuh manusia serasi dan seimbang sehingga tampak indah, cantik, dan memudahkan untuk melakukan kegiatan. Sedangkan hewan hanya memiliki jasmani dan nafsu saja. Manusia harus mampu menjaga keseimbangan yang dimilikinya itu supaya menjadi mulia. Apabila manusia mengutamakan nafsunya, maka ia turun derajatnya seperti hewan. Selain rohani, manusia dibekali dengan akal fikiran supaya dapat membedakan yang baik dan yang buruk.
Ayat Kelima
Allah mengingatkan manusia, sekalipun mereka sempurna, tetapi dapat turun menjadi hina karena pengetahuan, sikap dan perilakunya telah keluar dari aturan yang telah ditetapkan oleh Allah melalui Rasul-Nya.
Contoh kelebihan manusia dari makhluk lain
Sikap dan perilaku
Penjelasan
Bertutur kata
Bertutur kata lembut dan santun kepada orang tua, guru, teman, tetangga.
Berpakaian
Menutup aurat, dan memilih model dan warna yang serasi dan disenangi
Makan dan minum
Mengkonsumsi makanan dan minuman halal dan bergizi sesuai dengan selera
Bergaul sesama teman
Berkumpul dan bersilaturahmi sesama teman dengan baik dan tidak menyakiti
Menggunakan anggota tubuh
Menggunakan anggota tubuh sesuai fungsinya terhadap hal-hal yang dibolehkan agama

Ayat Keenam
Orang yang tidak pernah hina adalah mereka yang beriman dan melaksanakan amal salih. Orang yang demikian itu akan selamat dari kehinaan dunia dan akhirat.
Ayat Ketujuh
Pada hari kiamat nanti pada hari pembalasan terhadap perbuatan manusia yang baik dan buruk. Manusia seharusnya tidak meragukan adanya hari pembalasan, karena Allahh sudah menunjukkan bukti-buktinya. Allah memberikan akal kepada manusia untuk berfikir tentang ciptaannya, dan hati untuk merasakan iman. Pertanyaan Allah itu untuk mengingatkan adanya hari kiamat agar manusia tidak lupa dan lalai sehingga terjerumus dalam dosa dan kehinaan.
Ayat Kedelapan
Allah SWT adalah yang maha mengetahui, sebagus-bagus pencipta dan pengatur segala urusan. Allah yang memberi keputusan atas segala persoalan. Tiada perbuatan walau sekecil atom pun yang dapat terlepas dari pengadilannya. Pengadilan Allah adalah sebaik-baik pembuat keputusan
Allah swt maha pengasih kepada hambaNya. Ia senantiasa mengingatkan agar manusia tidak lupa diri. Jika ternyata manusia masih melakukan dosa, maka karena keadilanNya, manusia akan menanggung akibat dan pembalasan atas dosanya itu. Allah swt juga telah menyiapkan kenikmatan bagi orang yang menjalankn syariatNya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar